Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Hidup Sehat Sederhana, Yang Sibuk Kerja Wajib Baca!


Apabila Anda sedang mencari artikel yang membahas seputar langkah-langkah pola hidup sehat atau cara hidup sehat dan awet muda, maka Anda telah menemukan artikel yang tepat, mengapa? Karena, tulisan dalam artikel ini membahas mengenai cara hidup sehat sederhana, silahkan simak artikel ini sampai selesai, dan dapatkan manfaat serta jawaban dari pertanyaan Anda.
Selamat membaca!

Materi, pola dan cara hidup sehat

Kondisi badan yang sehat akan membuat kita dalam keadaan yang selalu prima menghadapi tantangan hidup, pekerjaan misalnya.

Sayangnya, tidak semua orang peduli dengan gaya hidup sehat terutama bagi yang masih muda. Padahal gaya hidup sehat sangat bermanfaat bagi tubuh, baik diusia muda maupun tua. Karena melakukan apapun ketika badan dalam kondisi fit rasanya menyenangkan,  bahkan ketika bermain atau liburan.

Oke, kalau begitu silahkan simak tips dan pola hidup sehat berikut ini :

1. Bersyukur saat mengawali hari

Thanks You

Sudah jamak saat ini ketika bangun tidur, hal pertama yang dilakukan adalah melihat smartphone, mamantau media sosial atau melihat berita, apa yang terjadi atau kira-kira apa yang akan terjadi pagi ini.

Padahal akan lebih baik dan lebih sehat bagi mental manusia apabila mengawali hari dengan cara bersyukur. Bersyukur masih diberikan waktu sehingga bisa bangun pagi ini, dan seterusnya.
Dengan bersyukur diawal hari, kondisi mental dan psykologis lebih terkendali dan baik. Setelah bersyukur, Anda bisa melakukan hal-hal lainnya misalnya mereview ulang apa yang akan Anda kerjakan hari ini dan seterusnya.

2. Minum air putih yang cukup

Minum Air Putih

Airi putih yang dimaksud adalah air mineral, bukan air susu ya. Lebih tepatnya air bening. Kenapa harus minum air putih yang cukup?

Karena 70% tubuh manusia terdiri dari cairan, jadi agar Anda selalu sehat dan fit, pastikan Anda cukup minum air putih. Apabila tubuh mengalami kekurangan air putih, maka metabolisme akan terganggu, kerja jantung menjadi lebih berat.

3. Menghirup udara bersih

Udara Bersih

Kenapa menghirup udara bersih penting, sebagai sebuah cara untuk hidup sehat? Jawabannya adalah, karena setiap saat Anda sangat membutuhkan udara segar, mungkin Anda bisa hidup tanpa makan dan minum sampai beberapa jam atau hari, tapi, tanpa udara, dalam waktu 2 sampai 4 jam, Anda bakalan sulit sekali untuk bertahan hidup.

Salah satu cara untuk mendapatkan udara bersih, terutama bagi Anda yang tinggal diperkotaan, adalah dengan cara bangun pagi, dan buka jendela. Nikmati udara pagi yang bebas polusi.

Atau Anda juga bisa pergi ke hutan kota terdekat sekali waktu, banyaknya pohon disana akan membuat asupan oksigen paru-paru Anda tercukupi dengan baik.

4. Olahraga kecil dibawah sinar matahari

Olahraga

Apabila Anda seorang dosen atau tenaga terpelajar lainnya, atau apapaun pekerjaan Anda yang membuat tingkat stress lumayan tinggi, maka olah raga kecil akan sangat baik bagi kesehatan fisik dan mental Anda.

Secara fisik, olah raga kecil akan membantu memperbaiki metabolisme dalam tubuh, sementara secara mental, olah raga kecil akan memicu dihasilkan hormon endorfin, dimana hormon tersebut mampu menurunkan tingkat stress Anda.

Yang penting saat melakukan olahraga, lakukan dengan benar, sesuaikan dengan kemampuan dan usia Anda. Hal ini untuk menghindari cidera atau sakit ketika olahraga.

Kemudian, olahraga dibawah sinar matahari pagi juga sangat baik, mengapa? Karena sinar matahari pagi, akan  membantu mengubah pro vitamin D dalam kolesterol menjadi vitamin D. Dengan jumlah vitamin D yang cukup maka tubuh tak mudah sakit, karena mempunyai kekebalan yang lebih kuat.

5. Makan teratur setiap hari

Makan

Apa sih pentingnya makan teratur? Penting sekali, dalam keadaan ideal mungkin Anda makan lebih dari 1 kali sehari. Tapi apabila tidak teratur itu hanya akan membuat Anda beresiko terkena penyakit pencernaan, seperti magh atau bahkan tukak lambung.

Jadi biasakan makan makanan secara teratur. Walaupun hanya 2 kali sehari, pastikan Anda makan pada waktu-waktu yang tepat sesuai jadwal makan yang sudah dipolakan tubuh Anda. Makan secara teratur akan menyediakan cukup energi bagi tubuh Anda.

Sekian artikel pada kali ini, terimakasih telah membaca artikel pola hidup sehat ini, semoga bahasan cara hidup sehat sederhana dalam artikel ini dapat memberikan insight positif. Sekian, sehat selalu dan sampai jumpa lagi diartikel selanjutnya.

Post a Comment for "Cara Hidup Sehat Sederhana, Yang Sibuk Kerja Wajib Baca!"