--> Skip to main content

Wajib Baca! 4 Makanan Penghancur dan Penurun Kolesterol Tubuh


Kapan sih kolesterol dikatakan melebihi batas normal? Jawabannya adalah, ketika kadar kolesterol seseorang melebihi 240 Mg/Desiliter maka orang tersebut dianggap memiliki kolesterol jahat. Nah, kabar baiknya, dalam artikel ini akan dibahas tentang makanan penurun kolesterol, jika Kita sedang mencari informasi tentang makanan yang dapat menurunkan kolesterol atau olahan makanan penurun kolesterol, maka Kita telah menemukan artikel yang tepat, silahkan lanjukan membaca sampai selesai ya.

Kadar kolesterol yang tinggi akan membawa dampak yang tidak baik bagi kesehatan jantung, bahkan dalam kondisi tertentu, kolesterol yang tinggi akan menyebabkan stroke.

Makanan yang dapat menurun kolesterol jahat

Untuk menghindari hal tersebut, maka baiknya penderita kolesterol tinggi atau yang ingin tetap menjaga kebugarannya, sebaiknya secara rutin olah raga dan mengkonsumsi makanan-makanan tertentu.

Nah berikut daftar makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh :

1. Ikan

Ikan

Ikan ternyata mengandung kadugan omega 3 yang dapat membantu tubuh mengencerkan darah dan yang paling penting, omega 3 akan mencegah penggumpalan darah.

Lalu ikan apa saja yang masuk dalam kategori ini, diantaranya ialah ikan Salmon, ikan Sarden dan ikan Tuna.

Kemudian jika Kita telah memilih ikan yang tepat, usahakan ketika memasak ikan tersebut, jangan dengan menggoreng. Mengapa? Karena, menggoreng hanya akan mengakibatkan penambahan lemak, usahakan memasak ikan tersebut dengan cara menumis atau membakarnya.

2. Kacang Polong

Kacang Polong

Ternyata Kacang Polong mempunyai kadar serat yang tinggi, dimana serat tersebut dangat bermanfaat bagi tubuh. Serat tersebut nantinya akan dimanfaatkan oleh darah untuk "mengikat" kolesterol dalam darah, setelah diikat, maka koleterol tersebut bisa dikeluarkan dari dalam tubuh.

Kehebatan Kacang Polong dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh rupanya tak main-main, ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa, konsumsi kacang polong sebanyak 120 gram setiap harinya, mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sampai dengan 5%.

3. Buah Alpukat

Buah Alpukat

Buah berkulit hijau ini, sekalipunketika matang, ternyata punya banyak manfaat. Salah satu kandungan utama dalam Alpukat adalah Asama Oleat, kemudian juga mengandung cukup banyak serat, inilah nanti yang akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain menurunkan kadar kolesterol jahat, ternyata buah Alpukat juga memiliki khasiat untuk menaikkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Satu hal menarik lagi dari buah Alpukat. Buah Alpukat sudah terbukti secara klinis dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi apabila Kita mengenal seseorang yang sedang berusaha menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuhnya, kemudian ia makan 1 buah Alpukat setiap harinya, maka Ia sudah bisa menurunkan kadar kolesterol jahatnya.

4. Kacang Kedelai

Kacang Kedelai

Bagi Kita yang belum tahu Kacang Kedelai, Kacang Kedelai adalah bahan dasar untuk membuat Tempe dan Tahu.

Ternyata, Kacang Kedelai ini mempunyai kandungan serat yang banyak dan kandungan lemaknya sangat amat sedikit. Maka dari itu, Kacang Kedelai adalah salah satu makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Nah itu tadi 4 makanan penurun kolesterol jahat dalam tubuh, mudah-mudahan setelah membaca artikel ini Kita mendapat insight positif, khususnya dalam bidang kesehatan. Oke, sepertinya artikel ini sudah cukup panjang, sampai sini dulu ya. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu lagi pada artikel selanjutnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar