Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Makanan Alternatif Pengganti Nasi Yang Bisa Dicoba


Apabila Anda sedang mencari makanan pengganti nasi untuk orang sakit, ibu hamil atau anak, maka Anda telah menemukan artikel yang sesuai, mengapa? Karena dalam artikel ini saya akan bahas makanan pengganti nasi yang ada di Indonesia khususnya.

Jadi silahkan simak artikel ini sampai selesai!

Jika ada yang bilang bahwa makanan pokok orang Indonesia adalah nasi, itu memang benar. Bahwa makanan kebanyakan orang Indonesia adalah nasi dari beras. Namun makanan pokok orang Indonesia itu sebenarnya bermacam-macam, ada jagung, sagu dan sebagainya.

Dalam artikel ini kita tidak akan membahas mengenai makanan pokok itu, namun yang akan dibahas adalah makanan yang bisa digunakan untuk mengganti nasi.

Mungkin Anda bertanya, mengapa harus mengganti nasi? Sebenarnya tidak harus sih, namun apabila pertanyaannya begitu ada beberapa jawaban. Diantaranya adalah seseorang mengganti nasi dalam menu makanannya bisa dikarenakan ingin diet, nasi yang komponen utamanya adalah karbohidrat tentu harus dikurangi apabila ingin diet.

Bisa juga karena sedang menerapkan pola makan khusus, karena sedang dalam kondisi kurang sehat. Atau memang sengaja ingin mendiversifikasi makanan pokok keluarga dan ingin mengenalkan makanan selain nasi pada sang buah hati dan masih banyak sebab lainnya.

Makanan yang dapat menggantikan nasi

Lalu makanan apa saja yang bisa menggantikan nasi, berikut penjelasan lengkapnya :

1. Sagu

Tepung
Mungkin Anda sudah mengenal Sagu saat memesan kue putu, ternyata Sagu merupakan makanan pokok kebanyakan orang Maluku dan Papua. Bukan apa-apa, karena dua daerah tersebut ternyata banyak sekali memiliki pohon Sagu.

Bagi yang belum tahu, untuk mendapatkan sagu kita harus menanam dahulu pohonnya baru ketika sudah berumur 5 sampai 6 tahun tanaman ini dapat dipanen. Cara panennya pun unik, pohon Sagu harus ditebang dahulu, kemudian bonggol pohon Sagu harus diperas, setelah diperas, baru saripatinya inilah nanti yang akan dijadikan sebagai tepung Sagu.

Sagu biasanya oleh orang Maluku dan Papua akan dibuat Papeda, layaknya nasi, Papeda inilah yang nantinya yang akan dimakan dengan sayuran yang sudah dimasak.

2. Singkong

Singkong
Saya yakin Anda kenal Singkong, sudah pernah makan pastinya, jika belum silahkan dicoba yaPada zaman kemerdekaan mendapatkan beras untuk masak nasi itu sangat sulit bagi rakyat, apalagi bagi para pejuang yang sedang gereliya. Oleh karena itu Singkong sangat digemari sebagai makanan sehari-hari.

Saat ini masih banyak daerah di Indonesia yang makanan pokoknya merupakan singkong. Nah apabila Anda ingin mengganti nasi dengan singkong, ini cocok. Silahkan dicoba ya..hehe

Mengolah singkong pun tidak begitu sulit, Singkong bisa juga direbus. Mengolah singkong dengan merebus dan membakar baik untuk kesehatan, karena tak perlu menambahkan minyak goreng yang notabennya sebagai salah satu sumber lemak.

Singkong juga bisa diolah jadi beras singkong, singkong diperas, kemudian diambil patinya lalu ampasnya dijemur hingga kering. Setelah itu digiling menjadi tepung kemudian tepung singkong diberi air dan dikukus. 

3. Jagung

Jagung
Untuk menikmati jagung layaknya nasi, bisa dengan cara membuat jagung jadi nasi Jagung. Jika anda mau yang lebih praktis, Anda bisa menikmati jagung sebagai pengganti nasi dengan cara membakar atau merebusnya saja, silahkan pilih yang sesuai selera Anda.

4. Jawawut atau Jewawut

Hasil gambar untuk jawawut
Jawawut
Sebenarnya saya agak ragu bagaimana melafalkannya, apakah Jawawut atau Jawawut. Oke, mungkin kita sebut saja Jawawut, kalau Anda lebih atu silahkan kontak Admin untuk mengkoreksinya.

Jawawut merupakan salah satu tanaman serealia, ya hampir sama dengan beras dan gandum atau kedelai juga yang masuk dalam kategori serealia.

Jawawut ini bisanya dikonsumsi dalam bentuk bubur dan kabarnya bagus apabila dimakan oleh ibu hamil atau anak. Tentu karena ini serealia, pasti banyak vitamin dan mineralnya.

5. Ubi Jalar

Ubi Jalar
Selain singkong, para pejuang dahulu juga akrab dengan ubi jalar. Hampir sama, mereka mengkonsumsi ubi jalar dengan cara membakar yang lebih praktis. Apabila beruntung mereka bisa menikmati rebusan ubi jalar, maklum dalam kondisi perang.

Nah, saat ini untuk menggantikan nasi, ubi jalar sangat populer. Anda bisa mengkonsumsinya dan untuk mendapatkan ubi jalarpun tak susah. Jika Anda tinggal dikota Anda bisa ke supermarket, sudah banyak supermarket yang menjual ubi jalar.

Itu tadi 5 makanan pengganti nasi yang bisa Anda coba konsumsi dirumah bersama keluarga Anda. Semoga setelah membaca artikel ini Anda mendapatkan wawasan dan insight positif. Sekian, salam sehat dan sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Post a Comment for "5 Makanan Alternatif Pengganti Nasi Yang Bisa Dicoba"