Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Manfaat Minum Kopi Hitam Untuk Tubuh, Salah Satunya Bisa Bikin Cerdas Lho!


Kopi yang kurang ramah dengan penderita hipertensi, ternyata juga punya manfaat bagi orang yang sehat, tentu apabila di konsumsi secara normal. Dalam artikel ini akan saya kupas mengenai manfaat minum kopi hitam untuk tubuh, kabarnya kopi bagus untuk kecantikan, selengkapnya tentang manfaat kopi, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Selamat membaca!

Kandungan utama kopi adalah kafein, nah kafein ini yang akan membuat si peminum kopi ini nanti jadi lebih alert, lebih waspada. Nah, makanya kadang pada pagi hari, saat kita masih merasa ngantuk karena baru bangun tidur. Banyak orang yang minum kopi terlebih dahulu sebelum berangkat keraktivitas, biar lebih waspada dan tidak ngantuk.

Selain kafein, kopi ternyata juga mengandung vitamin B1, B2, B3 dan B6,  lalu ada juga mineral dalam kopi, diantara mineral tersebut ada fosfor, mangan dan magnesium.

Selain vitamin dan mineral, kopi juga mengandung anti oksidan, yang bagus untuk kulit dan yang paling penting, anti oksidan untuk membunuh radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Anti oksidan di dalam kopi sendiri ada banyak, mulai dari polifenol, asam klorogenik, asam kuinik, dan asam ferulik.

Manfaat kopi untuk tubuh

Dengan berbagai kandungan yang ada dalam kopi tersebut, maka tak heran ada beberapa manfaat yang bisa didapat setelah minum kopi, apa saja manfaat tersebut? Silahkan simak penjelasan di bawah ini :

1. Kopi dapat meningkatkan energi dan mampu menstimulasi otak

Mungkin Anda yang pernah minum kopi sebelum ujian, kemudian disaat mengerjakan ujian merasa lebih cerdas dan mudah mengingat banyak hal, ini terjadi karena kopi tersebut mengandung stimulan bagi otak.

Hal tersebut tarjadi karena kafein, kafein yang dikonsumsi bersamaan saat meminum kopi akan meningkatkan kesadaran dan fungsi otak.

2. Menurunkan stress dan memperbaiki mood

Fungsi dan manfaat lainnya ketika minum kopi adalah memperbaiki mood dan menurunkan stress.

Jadi apabil Anda moodnya sedang jelek karena dibuat sebel sama teman, atau sedang cukup stress karena tugas dari boss belum kelar, ada baiknya Anda coba minum kopi dahulu. Kopi yang berasal dari biji kopi lho ya, bukan kopi saset.

3. Menurunkan kadar insulin dan gula dalam tubuh

Kandungan polifenol, asam klorogenik, asam kuinik, dan asam ferulik yang ada dalam kopi bisa digunakan untuk menurunkan kadar insulin dan gula dalam tubuh. Tentu saja, saat minum kopi jangan campurkan gula atau cream ya, sama saja jika dicampur.

Nah itu tadi artikel yang membahas tentang berbagai manfaat minum kopi hitam untuk tubuh, tapi ingat ya, sekali lagi lihat dulu dosisnya saat akan mengkonsumsi kopi. Dan bagi Anda penderita darah tinggi, saat minum kopi perhatikan dulu tekanan darah Anda apakah sedang tinggi atau normal, apabila dalam keadaan normal, Anda boleh minum kopi dengan dosis kafein yang kecil tentunya.

Oke, sampai disini artikel tentang manfaat minum kopi hitam untuk tubuh. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "3 Manfaat Minum Kopi Hitam Untuk Tubuh, Salah Satunya Bisa Bikin Cerdas Lho!"