Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Wisata Pantai Kukup Pasir Putih

Pesona Wisata Pantai Kukup Pasir Putih - Pantai Kukup Gunungkidul merupakan pantai pasir yang berwarna putih yang dapat pula menambah keindahan pantai. Kita dapat menempuh perjalanan sekitar 5jam jika ditempuh dari kota Yogyakarta dengan mengendarai sepeda motor. Pantai Kukup juga merupakan salah satu pantai yang populer daripada yang lainnya. Pantai ini merupakan daerah lautan yang sangat luas berjarak sekitar 100 m dari pinggir pantai.

Pada daerah perairan banyak ditumbuhi gundukan terumbu karang yang sangat indah.
Pada daerah dangkal tepi Pantai Kukup juga berisi flora maupun fauna, seperti bintang laut, ikan badut, dan lain sebagainya.

 Saat terjadi pasang surut pantai ini masih saja jernih terutama didaerah rendah. Banyak ikan ikan yang tersangkut di karang, kita juga dapat mencari ikan hias atau ikan lainnya. Saat laut sedang surut anda juga bisa berjalan jalan sampai ujung pantai sambil menikmati indahnya pantai.

Panorama Sunrise Pantai Kukup Yogyakarta

Di sebelah timur dari Pantai Kukup terdapat pulau karang yang sangat indah nama pulau tersebut Pulau Jumino. Antara Pantai Kukup dan Pulau Jumino tersebut dihubungkan dengan jembatan yang dapat dilewati oleh pengunjung yang akan melihat keindahan pantai maupun pulau tersebut.

Pulau Jumino juga terdapat sebuah gardu pandang yang dapat digunakan para pengunjung untuk bersantai sambali menikmati keindahan laut dari Pulau Jumino tersebut.

Sebelah barat Pantai Kukup ini terdapat tebing yang banyak gua-gua karang yang dapat untuk bermain oleh pengunjung dan dapat untuk tempat berteduh dari teriknya sinar matahari. Beberapa di dalam gua tersebut terdapat berbagai macam boita laut lainnya.

Lokasi
Pantai berpasir putih ini terletak di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjungsari, Kabulapaten Gunungkidul. Jika ditempuh dari Kota Wonosari memakan waktu perjalanan sekitar 25km, dan jika di tempuh dari Pantai Baron memakan waktu perjalanan selama 1jam.

Akses
Dari Kota Yogyakarta sampai di Wonosari kita dapat menempuh jarak selama 40km. Dari Wonosari sampai ke arah wisata Pantai Kukup Baron kita juga dapat menempuh jarak sekitar 22km ke arah selatan.

Harga Tiket
Tiket berbagai macam pantai seperti : Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Pulang Syawal dan Poktunggal sebesar Rp. 4.000,-. ( Januari 2014 )

Fasilitas
Fasilitas yang terdapat di Pantai Kukup Gunungkidul sangat memadai yang terdiri dari tempat parkir, penginapan, musholla, wc umum, warung makan, dan sebagainya. Dan juga terdapat pedagang ikan hias, maupun terumbu karang.

Foto-Foto Panorama Indah di Pantai Kukup Gunung Kidul

Pemandangan Pantai Kukup Dari Atas
Pantai Berpasir Putih Pantai Kukup
Gardu Pandang Pantai Kukup
Panorama Indah,  Sunset di pantai Kukup
Gardu Pandang Pantai Kukup Gunung Kdull
Pantai Kukup Yogyakarta
Sunrise indah di Pantai Kukup
Pantai Kukup yang berpasir putih
Panorama Sunrise Pantai Kukup
Gugusan Pulai di Pantai Kukup
Gardu pandang di Pulau Jumino

6 comments for "Pesona Wisata Pantai Kukup Pasir Putih"

  1. kebetulan sekali lagi nyari tempat travel, kayanya bagus nih artikel buat rujukan traveling :)

    ReplyDelete
  2. Cocok gan buat yg suka travelling, di barat dan timur pantai kukup jg masih terdapat pantai cantik lainnya 😀

    ReplyDelete
  3. Di foto yg pertama persis kayak tanah lot di tabanan - Bali tuh

    ReplyDelete
  4. cocok nih saya mau liburan ke pantai nih makasih infonya

    ReplyDelete
  5. Pulau kecilnya kayak pulau kecil yang ada di Pantai Balekambang, Malang nih

    ReplyDelete
  6. ntar klo punya duit ane ke sana dah thanks infonya min...

    ReplyDelete