Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Yang Harus Kita Lakukan Ketika Anak Menangis?

 

BalasKata – Saat anak menangis itu yang harus ditenangkan dulu bukan anaknya tapi ibunya. Ibunya dulu yang harus bisa tenang. Ibunya dulu yang tidak boleh takut dengan tangisan anak. Ibunya dulu yang harus bisa kontrol emosinya.

Sebab, seringnya saat anak tantrum ibunya juga ikut tantrum. Karena perasaan ibu dan anak se-frekuensi, alhasil makin menjadi semuanya.

Masa kecil itu adalah waktunya menangis, supaya saat besar tidak nangisan dan bisa berempati dengan perasaan orang lain. Hah gak kebalik? Bukannya nanti malah jadi cengeng? Insya Allah enggak ya, rumusnya tidak begitu.

Sebab, menangis bagi anak adalah cara dia untuk :

1. Komunikasi (bayi)

2. Minta tolong/bantuan

3. Mengekspresikan dan belajar mengenal emosi

4. Social emotional learning

5. Release stress

Anak yang saat kecilnya tidak diizinkan menangis, gak boleh menangis dan gak pernah menangis maka dikhawatirkan saat besarnya susah untuk berempati dengan orang lain.

Seandainya kita nangis sesugukan, terus sama temen kita disuruh diam atau sama pasangan kita disuruh diam atau malah dipukul/dicuekin. Gimana perasaan kita?

Nah, kurang lebih begitulah juga yang di rasakan anak kita.

Jadi, berenti bilang anak yang suka nangis itu cengeng ya bunda. Tak perlu takut dengan tangisan anak dan tak perlu buru-buru mendiamkannya.

 

Sumber : @zharavida

Post a Comment for "Apa Yang Harus Kita Lakukan Ketika Anak Menangis?"