Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Masalah Umum Pada Masa-Masa Terberat Dalam Rumah Tangga

1. Sulit Beradaptasi dengan Pasangan

Kebiasaan-kebiasaan yang berbeda biasanya menjadi pemicu konflik antara pasutri. Misalnya kebiasaan pasangan menaruh barang sembarangan, kebiasaan pasangan tidur mendengkur, menaruh botol kosong dalam kulkas, menghidupkan lampu di saat tidur, makan dengan cara berdecak dan berisik, bahkan hal yang sepele pun bisa jadi sumber ketidaknyamanan di tahun awal pernikahan.

2. Masalah Keuangan

Pasca pesta pernikahan, biasanya tabungan sudah menipis bahkan ada juga yang perlu membayar utang. Hal ini menyebabkan pasutri merasa stress dan sensitif. Kebanyakan uang merupakan penyebab pertikaian terbesar dalam rumah tangga.

Buatlah prioritas keuangan dan perencanaan untuk mengurangi masalah ini. Pikirkan mengenai anggaran tiap bulannya, tabungan, tunjangan kesehatan juga investasi untuk pendidikan anak.

3. Ekspektasi Berlebih

Banyak yang merasa berat diawal pernikahan karena terlanjur memiliki ekspektasi berlebih sebelum menikah. Bagi laki-laki, menikah berarti ada yang menyediakan makanan sebelum berangkat kerja dan setelah pulang kerja. Ada yang memberikan pijatan ketika lelah. Ada senyuman manis tiap bangun tidur dan sesaat sebelum tidur.

Bagi perempuan, menikah berarti ada yang memberi uang jajan tiap bulan. Ada teman yang mau mendengarkan segala curhat dan keluhan. Ada yang memuji segala yang dilakukan. Ketika ekspektasi ini tidak terwujud, maka timbul kekecewaan, bahkan bisa jadi pertengkaran yang menyebabkan masalah dalam rumah tangga.

4. Sukar Melepaskan Gaya Hidup Lajang

Kebiasaan hang out bareng teman-teman, beli pernak-pernik lucu yang sebenarnya tidak penting. Menghamburkan uang gaji untuk senang-senang, sulit move on dari gaya hidup semasa lajang tentu saja bisa menjadi salah satu penyebab seseorang merasa tahn awal pernikahan terasa berat.

Kecuali bagi mereka yang sudah terbiasa mendiri, menghadapi kerasnya kehidupan. Biasanya pernikahan justru menjadi berkah luar biasa karena pintu rezeki seakan terbuka lebar.

5. Masalah Mertua dan Ipar

Masalah mertua dan ipar juga menjadi faktor terasa beratnya kehidupan berumah tangga. Tentu hal ini dapat diantisipasi dengan belajar menjadi menantu yang mampu merendahkan hati dan merebut hati mertua sejak sebelum pernikahan berlangsung.

6. Masalah Hubungan intim

Setelah uang, masalah yang paling umum lainnya adalah hubungan intim. Oleh karena itu, bersikap terbuka mendiskusikan mengenai apa yang diinginkan baik oleh diri sendiri maupun pasangan dalam hal hubungan intim. Ketika kehidupan hubungan intim bahagia, maka kehidupan rumah tangga juga akan bahagia.

Demikian beberapa alasan mengapa 5 tahun awal pernikahan merupakan masa-masa terberat yang perlu dilalui pasutri hingga mencapai kebahagiaan. Semoga bermanfaat.

 

Sumber : @info_parenting.id

Post a Comment for "6 Masalah Umum Pada Masa-Masa Terberat Dalam Rumah Tangga"