Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Hal Yang Harus Kita Pahami Sebelum Melangkah Ke Pernikahan

BalasKata – Sebelum kita berumah tangga, 3 hal ini harus kita ketahui supaya kita paham hakikat dan esensi pernikahan dan rumah tanggapun bisa harmonis dan diberkahi Allah SWT. Apa saja? Yuk simak artikel berikut sampai selesai ya, semoga bermanfaat.

1. Nikah Itu Butuh Ilmu

Selalu saya sampaikan, kalau yang namanya nikah itu wajib pakai ilmu dan gak Cuma perasaan doang. Kita harus tau kalau menikah itu tentang ibadah, meneruskan peradaban, mencetak generasi sholeh dan taqwa. Oleh karenanya dalam menjalaninya gak boleh asal-asalan apalagi cuma sekedar penyaluran kebutuhan atau modal baper doang.

Jadi mulailah belajar! Perbanyak membaca buku, artikel, seminar/kajian, sering diskusi dengan orang yang sudah menikah dan berumah tangga. Insyaa Allah kita bisa punya bekal yang cukup untuk pernikahanmu.

2. Gak Ada Pasangan Yang Sempurna

Hal ini juga harus kita pahami. Ketahuilah bahwa sampai kapanpun kita mencari kita gak akan bisa nemu pasangan yang sempurna. Setiap orang selalu ada kurang dan lebihnya.

Maka dari itu bersabarlah atas kekurangannya dan bersyukurlah atas kelebihannya. Pahami peran dan tanggung jawabmu dalam rumah tangga, pahami psikologi pasangan dan karakter pasanganmu. Semoga dengan begitu rumah tanggamu bisa lebih harmonis.

3. Ingat Tujuanmu Menikah Untuk Apa

Terakhir, kita juga harus tau tujuanmu menikah. Kalau niatmu menikah bukan karena ibadah maka biasanya masalah sepelepun bisa dibesar-besarkan bahkan gak jarang berujung perceraian. Tapi kalau niatmu menikah karena ibadah kita tahu bahwa apapun yang kita dapat dari pasanganmu baik itu kebaikan ataupun kekurangan semua akan jadi pahala disisi Allah SWT. Karena pastinya setiap orang akan diuji oleh pasangannya.

Maka dari itu jadikanlah pernikahanmu ini ladang pahala dan amal sholeh dengan bersabar dan bersyukur atas pasanganmu. Semoga dengan begitu kita bisa lebih sabar ketika diuji dan lebih tenang dalam mencari solusi atas permasalahan rumah tangga.


Sumber : @setiafurqonkholid

Post a Comment for "3 Hal Yang Harus Kita Pahami Sebelum Melangkah Ke Pernikahan"