Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat dari Belajar Filsafat Ilmu tentang Kebijaksanaan!

Tahukah kamu? Bahwa belajar filsafat banyak banget manfaatnya. Manfaat secara umum dimaksudkan manfaat yang dapat diambil oleh orang yang belajar filsafat dengan mendalam sehingga mampu memecahkan segala sesuatu.

Menurut sebagian para filsuf, manfaat secara umum dari filsafat adalah sebagai berikut:

Manfaat Secara Umum Dari Filsafat

Plato merasa bahwa berfikir dan memikirkan adalah hal yang nikmat luar biasa sehingga filsafat diberi predikat sebagai keinginan yang maha berharga.

Aku Berfikir Maka Aku Ada

Rene Decrates yang termasyhur sebagai pelopor filsafat modern dan pelopor pembaharuan dalam abad ke-17 terkenal dengan ucapannya cogito ergo sum (karena berfikir saya ada).

Tokoh ini mempertanyakan segala-galanya tetapi dalam keadaan serba mempertanyakan itu ada satu hal yang pasti bahwa aku bersangsi berarti berfikir. Berfilsafat berarti berpangkal kepada suatu kebenaran yang fundemental atau pengalaman yang asasi.

Filsafat Adalah Pandangan Jauh Ke Depan

Alfred North Whitehead seorang filsuf modern merumuskan filsafat sebagai berikut : “Filsafat adalah kesadaran dan pandangan jauh kedepan, suatu kesadaran akan hidup dan kesadaran akan kepentingan yang memberi semangat kepada seluruh usaha peradaban”.

Jasa Filsafat Terletak Pada Sumber Penyelidikannya

Maurice Merleau Ponty seorang filsuf modern eksistensialisme mengatakan, “Jasa dari filsafat adalah terletak pada sumber penyelidikannya, sumber itu adalah eksistensi dan dengan sumber itu bisa berfikir tentang manusia”.

Para filosof ini mengajarkan kita untuk selalu bertanya tentang segala sesuatu yang berada di sekitar kita. Justru disinilah benang merahnya bahwa filsafat merupakan ilmu tentang kebijaksanaan. Dengan bertanya, kita akan semakin bijaksana. Dengan bertanya, baik tentang hidup kita maupun tentang fenomena-fenomena di sekitar kita maka kita akan semakin memaknai hidup yang kita jalani. Dengan berfilsafat (bertanya) kita semakin bersikap kritis dan selektif. Kita mampu mengambil nilai dari setiap peristiwa hidup kita.


Credit by : @suara_aktivis

Post a Comment for "Manfaat dari Belajar Filsafat Ilmu tentang Kebijaksanaan!"