Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut 4 Cara Meredam Marah Menurut Pandangan ISLAM

BalasKata - Pada artikel kali ini admin akan berbagi tips untuk meredam marah menurut pandangan Islam, dan tips ini sangat berguna untuk kita yang mudah marah atau emosian. ("Jangan Marah, karena marah merupakan kunci segala kejelekan").
Semoga bermanfaat, terima kasih. 😀

1. MEMBACA TA’AWUDZ

Meminta perlindungan pada Allah dari godaan setan. Marah bisa dari setan. Maka kita mengamalkan firman Allah dari ayat berikut,

Artinya : “Dan jika setan datang menggodamu, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar Maha Mengetahui.” (QS. Al-A’raf: 200).

2. DIAM

Karena yang namanya marah itu jika keluar bisa jadi keluar kata-kata yang tidak Allah ridhai. Ada yang marah keluar kata-kata kufur, ada yang marah keluar kalimat mencaci maki, ada yang marah keluar kalimat laknat, ada yang marah keluar kalimat cerai hingga hal-hal sekitarnya pun bisa hancur. Kalau seseorang memaksa dirinya untuk diam ketika akan marah, hal-hal yang rusak tadi tidak akan terjadi.

وَ إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْكُتْ

“Jika salah seorang di antara kalian marah, diamlah.” (HR. Ahmad, 1: 239).

3. MENGAMBIL AIR WUDHU

Dari Athiyyah as-Sa’di Radhiyallahu anhu berkata, Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya amarah itu dari setan dan setan diciptakan dari api. Api akan padam dengan air. Apabila salah seorang dari kalian marah, hendaknya berwudhu.” (HR. Abu Daud, no. 4784. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

4. INGAT PESAN NABI

“Barang siapa menahan amarahnya padahal mampu meluapkannya, Allah akan memanggilnya di hadapan para makhluk pada hari Kiamat untuk memberinya pilihan bidadari yang ia inginkan.” (HR. Abu Daud, no. 4777; Ibnu Majah, no. 4186. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini sanadnya hasan).

Post a Comment for "Berikut 4 Cara Meredam Marah Menurut Pandangan ISLAM"