Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Menjadi Seorang Suami Yang Bisa Mengimami dalam Rumah Tangga


BalasKata – Berikut ini adalah beberapa tips menjadi seorang suami yang bisa mengimami di dalam rumah tangga :

1. Belajar Siroh Nabawiyah
Kita sebagai seorang muslim sudah diberikan contoh dan teladan terbaik dalam megambil peran dikehidupan yaitu Rasulullah Muhammad SAW. Salah satu peran yang dicontohkan yaitu dengan menjadi pemimpin. Baik itu pemimpin rumah tangga, organisasi bahkan Negara.
Maka dari itu sudah selayaknya kalua kita belajar dari manusia terbaik yang Allah utus untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam. Belajarlah bagaimana karakter beliau ketika menjadi seorang suami, seorang ayah juga seorang kakek. Mudah-mudahan kita sanggup untuk meneladani Sunnah-sunnah yang beliau ajarkan.

2. Belajar Membaca Al Quran dengan Benar dan Tartil
Imam itu adalah pemimpin, makanya kita harus bisa mendidik dan memberi contoh yang baik kepada istri dan anak-anaknya. Termasuk yang paling penting mengajar membaca Al Quran. Pasti pengen dong ketika kita mengimami shalat istri dan anak, kita bisa membaca Al Quran dengan baik sehingga memotivasi anak istrimu untuk senantiasa cinta dengan Al Quran. Jadi guys yuk kita belajar membaca Al Quran dengan baik dan benar.

3. Belajar Ilmu Fiqih Dasar
Nah yang ini juga gak kalah pentingnya, kita sebagai suami pemimpin rumah tangga harus punya pemahaman yang cukup dalam hal fiqih. Mulai dari bagaimana caranya berwudhu yang benar, cara mandi wajib, fiqih shalat empat mazhab dan lain sebagainya. Supaya keluarga kita paham bagaimana beribadah dengan benar, sehingga terwujudnya generasi yang bertaqwa kepada Allah SWT.

4. Memahami Psikologi Pasangan
Sebagai seorang suami kita dituntut untuk pandai bersikap ketika menghadapi sikap istri yang berubah-ubah. Kita juga harus bisa mengendalikan emosi dan bersabar ketika istri sedang marah atau moodnya enggak enak. Makanya sangat penting untuk memahami prikologi pasangan kita. Supaya kita bisa lebih mengerti gimana caranya membahagiakan istri.

5. Berani Mengambil Tanggung Jawab Lebih
Sebagai calon pemimpin rumah tangga, ada baiknya kita juga aktif berorganisasi atau mengikuti komunitas yang positif. Selain bisa menambah teman atau koneksi kita juga bisa belajar bagaimana caranya memanajemen orang banyak sekaligus belajar kepemimpinan. Jadi mulailah dari sekarang bergabung dengan organisasi yang positif, ambil peran dan tanggung jawab lebih disana. Insyaa Allah kita akan dapat pahala sekaligus ilmu dan pengalaman bagaimana caranya menjadi pemimpin yang baik.

Credit : @setiafurqonkholid

Post a Comment for "5 Tips Menjadi Seorang Suami Yang Bisa Mengimami dalam Rumah Tangga"