Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahukah Kamu Ternyata Ini Perbedaan Antara Seserahan, Hantaran dan Mahar?

Seserahan, hantaran, dan mahar merupakan 3 perlengkapan dalam pernikahan yang perlu agar dipersiapkan sejak dini. Ketiga perlengkapan ini hampir sering dimaknai merupakan seremoni khusus baik sebelum atau ketika saat berlangsungnya suatu pernikahan, terkhusus pada adat Jawa. Akan tetapi, ternyata masih ada pada sebahagian orang yang banyak belum mengetahui apa yang menjadi pembeda antara ketiga perlengkapan dalam suatu pernikahan tersebut. Padahal secara filosofi, ketiga aspek tersebut mempunyai makna, maksud dan tujuan yang berbeda-beda satu sama lain.

Jadi, biar kawan-kawan tidak bingung lagi membedakan antara seserahan, hantaran, dan mahar? Berikut gua disini akan memberikan penjelasannya, dan bagi kawan-kawan yang sebentar lagi akan meminang atau ingin segera melamar calon pasangannya, mari merapat guys..hehe

Seserahan
“Merupakan simbol dari tanggung jawab yang diberikan oleh calon pengantin pria bahwasanya dirinya memang sudah siap untuk memenuhi kebutuhan calon pengantin wanita dan juga keluarganya kelak”
Selain merupakan simbol dari tanggung jawab calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita, seserahan juga diberikan sebagai bukti tentang keseriusan dari calon pengantin pria untuk benar-benar mencintai dan setia terhadap calon pasangannya kelak. Dan biasanya, seserahan akan diberikan secara simbolis pada saat malam sebelum akad nikah berlangsung. Akan tetapi, ada juga yang melakukan seserahan pada saat acara pernikahan sedang berlangsung pada saat itu juga, maka dari itu seperti apa bentuk seserahan tergantung dari tradisi masing-masing di suatu daerah tertentu.

Adapun isi dari seserahan biasanya berupa barang-barang keperluan calon pengantin wanita, maka dari itu untuk isinya bisa didiskusikan bersama calon pasangannya kelak. Seserahan juga dapat kita diartikan sebagai tanda pengikat hati antara pihak keluarga pria dan wanita. Seserahan ini diberikan sebagai tanda bahwa kedua belah pihak keluarga telah sepakat untuk melanjutkan hubungan kepada tahap pernikahan.

Hantaran
“Adalah pengetuk pintu hati ketika saat calon pengantin laki-laki telah mengunjungi calon pengantin perempuan dan juga keluarganya, begitupun juga sebaliknya”
Hampir sama dengan seserahan, hantaran lebih kepada oleh-oleh atau bisa disebut buah tangan yang diberikan pihak pengantin pria kepada pihak pengantin wanita begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, hantaran bisa juga disebut sebagai ‘pengetuk pintu’. Jadi, hantaran didalam suatu pernikahan diberikan oleh kedua belah pihak, di mana masing-masing keluarga saling memberi dan menerima atau saling tukar hantaran. Adapun isi dari hantaran biasanya dapat berupa berbagai macam makanan dan sembako yang dikemas semenarik mungkin.

Mahar
“Merupakan hak murni dari calon pengantin wanita yang menjadi syarat sahnya sebuah pernikahan dan merupakan salah satu yang paling penting”
Berbeda dengan seserahan dan hantaran, mahar adalah pemberian wajib dari mempelai pria ke mempelai wanita saat akan berlangsungnya akad nikah. Meskipun merupakan salah satu dari syarat sahnya pernikahan, tidak ada ketentuan mahar harus dalam bentuk apa dan berapa jumlahnya. Maka dari itu tergantung dari kesepakatan antara kedua keluarga dan sebaiknya mahar tersebut tidak memberatkan mempelai pria. Secara umum Mahar juga biasa disebut sebagai Maskawin, karena pada jaman dahulu sering dikaitkan dengan benda-benda yang terbuat dari logam emas. Namun sekarang, bentuk mahar bisa beraneka ragam dan tidak diharuskan dalam berbentuk logam, dapat pula berbentuk uang (Rupiah).

Penjelasan tentang seserahan, hantaran, dan mahar ini bukanlah menjadi kesepakatan umum. Di antaranya, masih ada saja beberapa daerah yang menyebut seserahan sama dengan hantaran. Tapi memang, tidak ada ketentuan khusus yang harus dipatuhi oleh setiap calon pengantin. Dan tentang seserahan, hantaran, dan mahar masih bisa dibicarakan bersama dan disesuaikan pada tradisi, suku dan tata cara pada daerah masing-masing. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Tahukah Kamu Ternyata Ini Perbedaan Antara Seserahan, Hantaran dan Mahar?"