Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsumsi 8 Makanan ini Terbukti Sangat Ampuh Tingkatkan Kekebalan Tubuh Agar Tidak Mudah Terkena Virus


Selain dari olahraga, sebaiknya kamu perlu meningkatkan konsumsi makanan sebagai penambah sistem imun atau kekebalan tubuh agar tidak mudah sekali sakit. Karena, apabila sistem imun kita sudah cukup kebal, maka bakteri dan juga virus penyebab dari penyakit tidak akan mudah menyerang tubuhmu. Apalagi bila kamu mengimbangi dengan mengkonsumsi makanan ini dengan cara menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

Dikutip dari beberapa referensi, berikut ini adalah 8 makanan yang ampuh tingkatkan sistem imun :

1. Paprika
Makanan ini terbukti lebih ampuh dari jeruk dan banyak mengandung vitamin C. Selain mengandung vitamin C, paprika mengandung beta karoten yang bisa juga meningkatkan sistem imun tubuh kita. Sebaiknya untuk menggunakan paprika berwarna merah yang rasanya lebih manis dan memiliki banyak kandungan vitamin yang cukup banyak jika dibandingkan dengan yang lainnya.

2. Bayam
Makanan ini juga mengandung vitamin C, beta karoten dan antioksidan yang sangat baik sekali untuk tubuh kita. Kumpulan zat yang terkandung didalam bayam dapat digunakan untuk melawan bakteri jahat yang mengganggu sistem imun tubuh kita. Tips lainnya agar nutrisi dari bayam tetap terjaga, bayam sebaiknya jangan dimasak terlalu lama.

3. Yoghurt
Makanan ini juga bisa membantu untuk meningkatkan system imun tubuh kita. Para Ahli gizi juga sangat menyarankan untuk mengonsumsi yoghurt rendah lemak pada setiap harinya. Karena, pada makanan ini terkandung vitamin B12, vitamin D, dan riboflavin yang sangat baik untuk tubuh kita. Bahkan, bakteri baik di yoghurt juga dapat mengurangi gejala-gejala sakit.

4. Kunyit
Sebaiknya gunakan bahan makanan ini di dalam masakan kalian, karena salah satu rempah ini memiki banyak sekali manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Meski memiliki rasa getir, namun kandungan didalam kurkumin pada kunyit dapat digunakan sebagai antiinflamasi. Menurut sebuah riset, kunyit juga bisa mengurangi kerusakan otot dikarenakan olahraga. Jadi tidak perlu bingung, kunyit juga dapat kalian gunakan untuk memasak kari, bumbu kuning dan masakan lainnya.

5. Brokoli
Makanan ini berfungsi untuk meningkatkan system imun pada tubuh kita jika dikonsumsi secara teratur. Tidak hanya itu, brokoli juga mengandung gizi yang lumayan banyak, seperti vitamin A, C, E, dan sulforaphane yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Akan tetapi, gizi utuhnya hanya dapat kamu peroleh jika brokoli dimasak dengan baik dan benar, misalnya saja direbus tidak terlalu lama dan ditambahkan minyak zaitun.

6. Ubi Jalar
Makanan ini berupa umbi-umbian yang juga dapat menambah system imun tubuh kita yaitu ubi jalar. Didalam ubi jalar juga terkandung vitamin A dan beta karoten yang lumayan tinggi dan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita. Akan tetapi tidak perlu khawatir, dikarenakan jenis umbi ini memiliki sedikit lemak dan kolesterol.

7. Kerang
Makanan ini tidak menjadi bagian dari buah dan sayur, tetapi merupakan salah satu lauk tambahan yang berasal dari laut dan pantai. Beberapa jenis kerang tertentu ada mengandung zink, vitamin, dan mineral tinggi yang lumayan dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem imun. Beberapa jenis kerang ini di antaranya adalah : kepiting, remis, lobster, dan kerang.

8. Jeruk
Selain dari makanan diatas terakhir adalah buah jeruk. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah ini dapat meningkatkan sel darah putih yang sangat bagus untuk tubuh. Tidak hanya jeruk saja, vitamin C juga bisa didapatkan dari buah-buahan  seperti anggur, pepaya, dan tomat.

Supaya makanan ini terasa manfaatnya untuk tubuh kita, sebaiknya dimasak dengan baik dan benar. Terkhusus untuk sayuran-sayuran tertentu apabila dimasak dengan keliru maka mengakibatkan gizinya akan berkurang. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Konsumsi 8 Makanan ini Terbukti Sangat Ampuh Tingkatkan Kekebalan Tubuh Agar Tidak Mudah Terkena Virus"