Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Paling Mudah Untuk Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

Insomnia atau gangguan tidur di malam hari bisa cukup mengganggu. Karena, tidur merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting dan harus emang harus tercukupi. Orang yang mengalami insomnia pada umumnya memiliki waktu tidur yang kurang dan tidurnya tidak berkualitas. Lebih burunknya lagi, gangguan tidur di malam hari juga dapat mempengaruhi aktivitas kita sepanjang hari.

Sebenarnya, waktu yang kita dibutuhkan untuk tidur bisa berbeda pada setiap orang, semua itu bergantung kepada usia, gaya hidup kita, serta faktor lingkungan. Namun pada umumnya, orang dewasa butuh waktu tidur malam kurang lebih selama 7-8 jam per hari. Gejala susah tidur merupakan tanda dari Insomnia, sering terbangun di malam hari dan tidak bisa tidur meskipun tubuh kita sudah merasa lelah.

6 CARA PALING MUDAH UNTUK MENGATASI INSOMNIA
Penyebab insomnia bisa berbeda-beda, sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa penyebab utama dari insomnia, sehingga gangguan tidur ini bisa dengan mudah dapat kita atasi. Ada berbagai macam cara sederhana yang bisa kita dilakukan untuk mengatasi insomnia, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Gaya Hidup yang Sehat
Gaya hidup merupakan salah satu faktor pemicu dari insomnia. Seperti kebiasaan konsumsi kafein berlebihan, merokok, , makanan tidak sehat, hingga kurang bergerak bisa meningkatkan risiko gangguan tidur kita. Untuk mengatasinya, cobalah terapkan gaya hidup yang sehat, misalnya dengan berhenti merokok dan konsumsi makanan yang kaya akan kandungan nutrisi dan juga vitamin yang baik untuk tubuh kita.

2. Atur Jadwal Tidur Kita
Mengatur jadwal tidur dapat memudahkan tubuh untuk beristirahat, sehingga kita bisa terhindar dari insomnia. Jadwal tidur kita yang tidak tetap atau sering berubah-ubah juga dapat menjadi pemicu dari insomnia, hal ini juga dapat mempengaruhi siklus tidur dan bangun kita pada pagi harinya.

3. Suasana Kamar yang Nyaman
Bisa juga, insomnia terjadi karena suasana kamar kita yang kurang nyaman. Jika saja insomnia terjadi secara terus-menerus, cobalah untuk mengubah suasana kamar atau ganti lampu tidur menjadi lebih redup. Kita juga dapat mengatur suhu ruang kamar agar tubuh terasa lebih hangat.

4. Konsumsi Makanan Minuman yang Sehat
Sebisa mungkin hindarilah mengonsumsi makanan atau juga minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Karena, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung 400 mg kafein 6 jam sebelum tidur dapat memengaruhi kualitas dari tidur kita. Selain dari kafein, meminum alkohol emang dapat membuat kita dengan mudah tertidur, akan tetapi tidak bisa sampai membuat kita tidur nyanyak.

5. Rajin Berolahraga
Mengatasi insomnia juga dapat kita lakukan dengan rajin melakukan aktivitas fisik atau berolahraga. Rajin berolahraga sudah terbukti dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita secara menyeluruh. Rajin berolahraga juga bisa membantu mengatur suasana hati kita, memberikan energi lebih pada tubuh kita, menurunkan berat badan kita dan membuat tidur kita lebih berkualitas.

6. Minum Segelas Susu Hangat
Tahukah kamu sulit tidur pada malam hari bisa disebabkan karena adanya gangguan pada melatonin, yaitu hormon yang berperan sebagai pengatur pola tidur dan bangun tubuh kita. Jika kamu ingin mengatasi sulit tidur, cobalah untuk mengonsumsi segelas susu hangat pada malam harinya sebelum tidur. Susu memiliki kandungan kalsium yang dapat membantu otak kita memproduksi hormon melatonin, sehingga masalah insomnia dapat dihindari dengan mudah.

Jika insomnia sudah mulai mengganggu aktivitas kita sehari-hari dan tidak juga membaik, segera mungkin periksakan diri kita ke dokter untuk segera mengatasi masalah insomnia yang kita alami. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "6 Cara Paling Mudah Untuk Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia"