Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Alam Goa Seplawan Kaligesing, Purworejo

Goa Seplawan merupakan salah satu lokasi wisata yang sangat indah. Goa ini terletak di perbatasan Purworejo, Jawa Tengah dan Kulon Progo, Yogyakarta. Berada di sekitar 700mdpl Goa Seplawan juga menghadirkan pemandangan menarik yakni pemandangan dari Gardu Pandang. Untuk menempuh Goa ini memakan perjalanan selama 1,5 jam dari pusat kota Jogja.

Patung Arca Budha Goa Seplawan
Menurut sejarah, Goa ini pertama kali ditemukan pada tahun 1979 oleh para tim penelusur yang terdiri dari 47 warga setempat, beberapa tokoh masyarakat, serta kades setempat. Konon beredar cerita disalah satu lorong gua merupakan lorong dimana para orang suci yang berhubung dengan Ratu Nyi Roro Kidul. 

Lokasi
Goa Seplawan terletak di Bukit Menoreh, Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Lebih jauh sekitar 5km dari Goa Kiskendo yang terletak di Kulonprogo.

Akses
Jika anda dari pusat kota purworejo akan menempuh perjalanan sejauh 20km. Namun jika anda dari pusat kota jogja menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 47km dan memakan waktu selama 1,5jam. Saat perjalanan anda akan disuguhkan dengan pemandangan serta pohon-pohon pinus di samping kiri jalan. 

Tiket Masuk
Untuk harga tiket masuk di Goa Seplawan cukup murah, pengunjung hanya dikenakan tarif Rp.5000,00 untuk satu montor dan sudah termasuk parkir.

Fasilitas
Fasilitas pada Goa Seplawan sudah cukup baik daripada beberapa tahun sebelumnya, kamar mandi, mushola, serta tangga untuk menuruni Gua. Selain itu ada sebuah Gardu Pandang yang terletak di ujung bukit, pemandangan yang disuguhkan akan sangat indah, semua terlihat dari Gardu Pandang tersebut.

Kumpulan Foto Goa Seplawan

Gambar dalam Goa Seplawan

Jamuran menuju Gardu Pandang
Pemandangan Jalan Menuju Gardu Pandang

Panorama dari Gardu Pandang

Arca Buda Goa Seplawan


Post a Comment for "Wisata Alam Goa Seplawan Kaligesing, Purworejo"