Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Indahnya Surga Dunia, Curug Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut merupakan salah satu wisata alam di Kulonprogo yang dikenal dengan keindahan warna airnya. Warna air yang sangat indah yaitu warna putih jernih dan hijau. Warna putih jernih karena aliran air deras yang berasal dari air terjun di samping kedung ini, sedangkan warna hijau tosca terbentuk dari pantulan batuan di dasar sungai yang terpancar sinar matahari. Di kedung alami ini pengunjung bisa bermain air bahkan bisa melompat dari tumpukan batu-batu maupun jembatan bambu tersebut.

Bermain air di water park dengan berbagai macam wahana yang sangat menguji nyali akan menjadi liburan yang mengesankan. Jika water park tersebut airnya mengalir dari ari terjun setinggi 15 meter, tentu saja ini lebih menyenangkan dan lebih menantang. Kedung Pedut ini yang terletak di kawasan Perbukitan Menoreh.

Kedung Pedut, Surga Dunia di Himpitan Bukit Menoreh
Air Terjun Kedung Pedut atau biasa disebut Curug Kedung Pedut berasal dari istilah bahasa Jawa. Curug yang berarti air terjun, Kedung berarti kubangan atau kolam, dan Pedut berarti kabut. Kedung Pedut merupakan obyek wisata yang menyajikan perpaduan air terjun dan juga kedung yang airnya berwarna putih jernih dan hijau tosca. Disini tidak hanya satu kedung saja, tetapi ada berbagai macam wisata alami ini terdapat beberapa kolam alami dengan kedalaman yang bervariasi yaitu satu hingga empat meter. Kolam ini juga memiliki berbagai macam nama sendiri-sendiri, ternyata Kedung Pedut ini merupakan kolam yang ukurannya paling besar sehingga dijadikan nama obyek wisata ini. Kolam-kolam ini terisi air yang mengalir dari air terjun Kedung Pedut.

Dari kejauhan kolam-kolam air ini berwarna hijau tosca. Pengunjung bisa melihat keindahannya dari gardu pandang yang berada di ketinggian. Agar semakin menarik tempat wisata ini, pengelola telah membangun berbagai macam sarana seperti gardu pandang, tempat duduk, jembatan, dan pancuran air yang terbuat dari bambu. Pengunjung juga bisa foto-foto di jembatan tersebut, dan bisa sambil lari di atas jembatan bambu yang melintang di atas kedung, ternyata juga bisa untuk melompat dari atas ke dalam air tersebut. Sungguh menyenangkan saat mandi dipancuran mata air itu pun akan memberikan kesegaran bagi tubuh kita. Berhubung tempat ini alami dan bebas dari kandungan kaporit maka bisa dipastikan tidak akan membuat kulit kering atau mata pedih meski berlama-lama berendam.

Harga Tiket Kedung
Untuk Tiket Masuk/Orang Rp 3.000, Untuk Parkir Motor Rp 2.000, sedangkan Untuk Parkir Mobil Rp 5.000

Lokasi dan Rute Menuju Kedung Pedut
Kedung Pedut terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo. Untuk mencapai tempat ini wisatawan dapat melewati rute Jalan Godean – Perempatan Nanggulan – Pasar Kenteng – Kecamatan Girimulya – Pasar Jonggrangan – Pertigaan Gua Kiskendo belok kiri – Pertigaan Grojogan Mudal belok kiri – Pertigaan Kembang Soka belok kiri.

Fasilitas Kedung Pedut
Karena wisata alam kedung pedut masih dalam tahap perintisan, tentu saja untuk fasilitas memang kurang memadai. Semua fasilitas di sekitar kedung pedut merupakan swadaya dari masyarakat setempat. Tetapi untuk fasilitas seperti kamar mandi, toilet, mushola dan warung makan telah tersedia.

Area parkir di sekitar kedung pedut pun cukup luas. Sampai saat ini pengelolaan wisata alam kedung pedut masih di bawah naungan desa wisata jatimulyo dan pengelola nya sendiri diambil dari warga sekitar kedung pedut.

Foto-foto panorama dan para pengunung Kedung Pedut
Kedung Pedut, Si Air Terjun 2 Warna
Images by Instagram
Images by Instagram
Images by Instagram
Images by Instagram

Post a Comment for "Indahnya Surga Dunia, Curug Kedung Pedut"